“Budaya Politik Kaula/Subjek” Definisi & ( Ciri – Ciri ) No ratings yet.

Posted on

“Budaya Politik Kaula/Subjek” Definisi & ( Ciri – Ciri )

GuruPendidikan.Com – Budaya politik merupakan pola perilaku suatu masyarakat dalam kehidupan bernegara, penyelenggaraan administrasi negara, politik pemerintahan, hukum, normal kebiasaan yang dihayati oleh seluruh anggota masyarakat setiap harinya.

"Budaya Politik Kaula/Subjek" Definisi & ( Ciri - Ciri )

Budaya politik juga dapat diartikan sebagai suatu sistem nilai bersama suatu masyarakat yang memiliki kesadaran untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan kolektif dan penentuan publik untuk masyarakat seluruhnya.

Definisi Budaya Politik Kaula (Subjek)

Yang merupakan budaya politik yang masyarakat yang bersangkutan sudah relatif maju baik sosial maupun ekonominya tetapi masih bersifat pasif. Budaya politik suatu masyarakat dapat dikatakan subyek apabila terdapat frekuensi orientasi yang tinggi terhadap pengetahuan sistem politik secara umum dan objek output atau terdapat pemahaman mengenai penguatan kebijakan yang di buat oleh pemerintah.

Namun frekuensi orientasi mengenai struktur dan peranan dalam pembuatan kebijakan yang dilakukan pemerintah tidak terlalu diperhatikan. Para subyek menyadari akan otoritas pemerintah dan secara efektif mereka di arahkan pada otoritas tersebut.

Sikap masyarakat terhadap sistem politik yang ada ditujukkan melalui rasa bangga atau malah rasa tidak suka. Intinya dalam kebudayaan politik subyek, sudah ada pengetahuan yang memadai tentang sistem politik secara umum serta proses penguatan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

Demokrasi sulit berkembang dalam masyarakat dengan budaya politik subjek karena tiap-tiap warga negaranya tidak aktif. Perasaan berpengaruh terhadap proses politik muncul bila mereka telah melakukan kontak dengan pejabat lokal. Selain itu, mereka juga memiliki kompetensi politik dan keberdayaan politik yang rendah sehingga sangat sukar untuk mengharapkan partisipasi politik yang tinggi, supaya terciptanya mekanisme kontrol terhadap berjalannya sistem politik.

loading...

Budaya politik yang menunjukkan bahwa anggotanya masyarakat memiliki minat, perhatian, mungkin juga kasadaran terhadap sistem sebagai keseluruhan terutama pada aspek outputnya.

Ciri-Ciri Budaya Politik Kaula/Subjek

Adapun ciri-ciri budaya politik kaula/subjek yaitu:

  • Adanya minta, kesadaran, dan perhatian terhadap sistem politik.
  • Adanya pengertian dan pemahaman terhadap hal-hal yang menjadi kebijakan pemerintah.
  • Adanya partisipasi yang pasif dalam pengambilan kebijakan.
  • Bila tidak menyukai sistem politik yang berlaku, masyarakat hanya diam dan menyimpan perasaan.
  • Tingkat sosial dan ekonomi masyarakat relatif maju, tetapi hubungan masyarakat dengan sistem politik bersifat pasif.
  • Adanya kesadaran masyarakat terhadap otoritas pemerintah.
  • Masyarakat secara umum patuh, menerima, loyal dan setia terhadap anjuran, perintah serta kebijakan pimpinannya.

Demikianlah pembahasan mengenai “Budaya Politik Kaula/Subjek” Definisi & ( Ciri – Ciri ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

Please rate this