“Advertising” Pengertian & ( Fungsi – Tujuan – Manfaat )

Posted on

“Advertising” Pengertian & ( Fungsi – Tujuan – Manfaat )

GuruPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai advertising yang dimana meliputi pengertian, fungsi, tujuan dan manfaat, nah agar lebih memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Advertising

Advertising merupakan suatu penyajian materi atau pesan secara persuasif kepada masyarakat melalui media massa yang bertujuan untuk mempromosikan produk ataupun jasa yang dijual oleh perusahaan.

Advertising ialah jasa periklanan yang berguna untuk menekspresikan peluang sekaligus mendramatisasi produk yang dijual oleh perusahaan melalui penggunaan percetakaan dengan warna yang berseni supaya dapat menarik perhatian konsumen atau pelanggan.

Advertising merupakan media yang sudah tersebar luas yang dapat memungkinkan produk yang dijual oleh perusahaan dapat terjual dan dipesan berulang-ulang oleh konsumen. Iklan juga dapat memungkinkan para konsumen untuk menerima sekaligus membandingkan pesan yang disampaikan dengan pesaing lainnya.

Advertising adalah suatu usah yang bergerak dibidang periklanan, advertising tidak bisa lepas dari yang namanya ide karena untuk membuat iklan membutuhkan ide yang bagus dan kreatif. Advertising juga menyediakan jasa untuk membuat konsep, percetakan, maupun penempatan iklan.

loading...

Hal ini tergantung jenis usaha dari advertising karena seiring berkembangnya dunia usaha atau bisnis, advertising dapat menjadi alternatif bagi usaha, karena hampir semua perusahaan yang akan menjual produk ataupun jasanya membutuhkan advertising.

Advertising yakni komunikasi berbagai ide mengenai produk atau jasa untuk para calon konsumen dengan menggunakan alat yang berupa tulisan ataupun simbol. Jadi iklan dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa, selain itu iklan juga dapat digunakan sebagai pengganti bagi para perantara produk atau jasa.

Fungsi Atau Tujuan Advertising

Adapun beberapa tujuan utama dari kegiatan advertising atau periklanan yang diantaranya sebagai berikut:

  • Yang pertama untuk menyadarkan para konsumen sekaligus memberikan informasi mengenai suatu produk atau jasa perusahaan.
  • Yang kedua untuk menimbulkan rasa suka pada diri konsumen terhadap produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
  • Yang ketiga untuk menyakinkan kebenaran tentang apa yang ditujukan dalam iklan sekaligus menggerakan konsumen untuk berusaha memiliki dan menggunakan produk atau jasa yang dijual perusahaan.

Manfaat Advertising

Adapun manfaat advertising diantaranya yaitu:

  • Mengingatkan konsumen dan prospek konsumen mengenai manfaat dari produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Membangun dan mempertahankan identitas perusahaan.
  • Meningkatkan reputasi perusahaan.
  • Mendorong konsumen untuk membeli lebih banyak.
  • Menarik konsumen baru untu mengganti konsumen yang hilang.
  • Membantu meningkatkan penjualan.
  • Mempromosikan dan memperkenalkan bisnis ke konsumen, investor dan pihak-pihak lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai “Advertising” Pengertian & ( Fungsi – Tujuan – Manfaat ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Baca Juga:


No ratings yet.

Please rate this