99 Struktur Dan Fungsi Lidah Pada Manusia Menurut Para Ahli

Posted on

99 Struktur dan fungsi lidah pada manusia menurut para ahli– Setiap hari kita tidak pernah terlepas dari berbicara, makan dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan lidah, banyak sekali kegiatan yang kita lakukan yang selalu bersentuhan langsung dengan lidah kita, tanpa lidah mungkin kita tidak bisa melakukan kegiatan itu semua. Dibawah ini adalah struktur dan fungsi lidah pada manusia menurut beberapa ahli.

Lidah

Lidah merupakan dari sekumpulan otot rangka di bagian lantai mulut yang berfungsi membantu pencernaan makanan dengan cara mengunyah dan membantu menelankan makanan yang masuk memalui mulut. Selain itu lidah juga membantu manusia dalam berbicara dan juga membolak balikan makanan yang ada di dalam mulut.  Lidah juga biasa dikenal dengan indra penecap yang memiliki banyak struktur tunas pengecap.

Lidah juga memiliki struktur seperti lingual, berasal dari bahasa Latin “glossal” atau “lingua” dari bahasa yunani.

Struktur Lidah

Sebagian besar, lidah tersusun atas otot rangka yang terlekat pada tulang hyoideus, tulang rahang bawah dan processus styloideus di tulang pelipis. Ada dua jenis otot pada lidah manusia yaitu otot ekstrinsik dan intrinsik.

Lidah mempunyai susunan atas otot rangka yang terletak pada tulang hyoideus dari sebagian beasar bagian lidah, processus styloideus di tulang pelipis dan tulang rangkan bawah. Memiliki dua jenis otot pada lidah yakni otot intrinsik dan otot ekstrinsik. Lidah juga mempunyai permukaan yang kasar sebab adanya tonjolan (papila). Ada tiga jenis papila yakni :

loading...
  • papila filiformis memiliki bentuk mirip dengan benang halus dan berada di dorsum linguae
  • papila sirkumvalata memiliki bentuk bulat, dan memiliki susunan seperti huruf V (belakang lidah)
  • papila fungiformis berbentuk seperti jamur. Berada di depan lidah (apex linguae)

Ada satu jenis papila yang ada pada manusia yaitu papila folliata pada hewan pengerat.

Tunas pengecap merupakan dari bagian pengecap yang berada pada bagian pinggir papila, dan terdiri dari dua sel yakni sel pengecap dan sel penyokong. Sel penyokong memiliki fungsi sebagai penopang dan sel pengecap memiliki fungsi sebagai reseptor.

Lidah Putih

Bagian atau titik putih di lidah manusia juga bisa menjadi tanda dari beberapa kondisi medis, yaitu :

  • Candidiasis
  • Keratosis faringis
  • Efek samping dari antibiotik
  • Debauch
  • Leukoplakia
  • Dehidrasi
fungsi lidah manusia
Fungsi lidah manusia

Tapi sekarang banyak peneliti yang memasuki rasa kelima yaitu makanan sedap dan gurih ditamukan dalam daging, ikan dan sebagainya. Rasa dasar ini dapat berkembang sehingga kita bisa merasakan rasa beracun atau busuk dari rasa asam dan pahit. Rasa manis membantu untuk memperkenalkan makanan yang sehat, rasa asin juga dibutuhkan untuk semua fungsi tubuh, dan rasa gurih dapat membantu mengidentifikasi makannan kaya protein.

Ada beberapa orang yang memiliki rasa berbeda, misalnya, ada orang yang sangat menyukai pedas. Itu semua dipengaruhi oleh faktor genetik yang berbeda dan budaya mereka sendiri. Menurut para ahli telah membuktikan bahwa di Amerika orang-orang super-icip yang mencicipi cabai, jahe mereka tidak merasakan rasa pedas namun mereka meresakan rasa manis.

Tidak seperti pengecap, mereka merasa jahe normal dan cabai dan rasa lainnya. Hal ini disebabkan oleh sejumlah papila yang berbeda.

Fungsi Lainnya

Selain bekerja pada mekanisme pencernaan atau pengucapan yang dilakukan manusia setiap waktu, lidah manusia memiliki banyak kegunaan lainnya. Lidah pada manusia juga dipakai dalam beberapa tindakan lain seperti menup permen karet dan meniup peluit dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikian Penjelasan Tentang 99 Struktur Dan Fungsi Lidah Pada Manusia Menurut Para Ahli Semoga Dapat Bermanfaat Untuk Pembaca GuruPendidikan.Com 😀


No ratings yet.

Please rate this