5 Pengertian Teori Pertukaran Sosial Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian teori pertukaran sosial menurut para ahli– Merupakan teori sosial yang menjabarkan bagaiman cara seseorang berhubungan dengan orang lain, lalu seseorang itu dapat menentukan sebuah keseimbangan antara keuntungan dan pengeorbanan yang didapatkan dari hubungan tersebut.

Pengertian Teori Pertukaran Sosial Menurut Para Ahli

Teori pertukaran sosial merupakan sebuah teori dalam ilmu sosial yang menyatakan bahwa ada unsur disiplin hubungan sosial, pengorbanan, mendapatkan dan saling mempengaruhi. [Butuh rujukan] Teori ini menjelaskan bagaimana manusia melihat hubungan kita dengan orang lain sesuai dengan asumsi bahwa manusia terhadap:

1. Keseimbangan antara apa yang diberikan kepada hubungan dan apa yang dikeluarkan dari hubungan itu.
2. jenis koneksi yang dibuat.
3. Kesempatan untuk memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

Munculnya Teori Pertukaran Sosial

Secara umum, hubungan sosial terdiri dari orang-orang, perilaku kita dan orang lain telah melihat mempengaruhi satu sama lain dalam sebuah hubungan, yang ada unsur disiplin, pengorbanan dan keuntungan. Pahala sesuatu yang diperoleh melalui pengorbanan mereka, saat korban merupakan segalanya, dan keuntungan yang pahala dikurangi dengan adanya pengorbanan.

Perilaku sosial yang setidaknya terdiri dari pertukaran antara dua orang berdasarkan perhitungan biaya-manfaat. Misalnya, pola-pola perilaku di percintaan, tempat kerja, persahabatan dan perkawinan.

Analogi ini, di beberapa titik menemukan bahwa salah satu teman Anda dalam satu kelas selalu berusaha untuk mendapatkan sesuatu dari Anda. Saat ini Anda selalu memberikan apa yang Anda butuhkan dari teman Anda, tetapi sebaliknya sebenarnya terjadi ketika Anda membutuhkan sesuatu dari teman Anda.

Setiap individu harus memiliki tujuan membuat teman-teman untuk merawat satu sama lain. Individu pasti diharapkan untuk melakukan sesuatu untuk satu sama lain, saling membantu jika diperlukan, dan saling mendukung ketika yang sedih.

Namun, juga mempertahankan ramah hubungan (biaya), seperti kehilangan waktu dan energi serta kegiatan lain yang tidak begitu diadakan. Meskipun biaya ini tidak dilihat sebagai sesuatu yang mahal atau memberatkan ketika penghargaan cahaya (reward) yang diperoleh dari persahabatan.

Namun, biaya tersebut harus dipertimbangkan ketika kita menganalisis secara objektif hubungan persahabatan transaksi yang ada. Jika biaya tampaknya tidak tepat untuk kembali, yang terjadi hanya perasaan buruk pada mereka yang merasa bahwa kompensasi yang terlalu rendah dibandingkan dengan biaya atau pengorbanan yang telah diberikan.

Teori pertukaran sosial
Teori pertukaran sosial

Analisis hubungan sosial yang terjadi sesuai dengan biaya dan remunerasi merupakan salah satu ciri dari teori pertukaran. Teori pertukaran ini berfokus pada analisis tingkat mikro, utamanya pada tingkat realitas sosial (interpersonal). Dalam diskusi ini akan fokus pada pertukaran ide dengan teori Homans dan Blau. Homans dalam analisis menyusul penggunaan wajib prinsip-prinsip psikologi individu untuk menjelaskan perilaku sosial tidak hanya menjabarkan hal itu.

Namun bila di sisi lain mencoba untuk naik dari tingkat pertukaran antarpribadi ke tingkat mikro, ke tingkat yang lebih makro, organisasi sosial. Ia berusaha untuk memperlihatkan bagaimana organisasi sosial yang lebih besar yang muncul dari proses pertukaran dasar.

Berbeda dengan analisis yang diungkapkan oleh teori interaksi simbolik, teori pertukaran terutama melihat perilaku nyata, bukan hanya proses subjektif. Hal ini juga dianut oleh Homans dan bila tidak terfokus pada tingkat kesadaran hubungan subjektif atau timbal balik yang dinamis antara subjektif dan tingkat interaksi nyata seperti yang diterjadi pada interaksi berupa simbolik.

Homans berpendapat lebih jauh bahwa penjelasan ilmiah harus difokuskan pada perilaku nyata yang dapat diamati dan diukur secara empiris (empirik). Proses dari pertukaran sosial juga sudah diungkap oleh para ahli dari klasik sosial.

Seperti diungkapkan dalam teori ekonomi klasik abad ke-18 dan 19 ekonomi seperti Adam Smith telah menganalisis ekonomi pasar sebagai akibat dari koleksi yang komprehensif dari jumlah transaksi ekonomi individu yang tidak dapat dilihat ukurannya. Dia mengasumsikan bahwa transaksi pertukuran akan terjadi hanya jika kedua belah pihak bisa mendapatkan keuntungan dari pertukaran, dan kesejahteraan masyarakat luas dapat dengan mudah diamankan jika individu yang tersisa untuk mengejar kepentingan pribadi melalui pertukaran pribadi dinegosiasikan.

Pertentangan Teori Pertukaran Sosial Individualistis dan Kolektivistis

Konflik merupakan hasil dari konflik yang berkembang antara orientasi individual dan kolektis. Homans mungkin seseorang yang sangat menekankan pada pendekatan individual untuk pengembangan teori sosial. Hal ini tentu berbeda dengan penjelasan yang Levi-Strauss kolektivistis terutama mengenai pernikahan dan keluarga.

Levi-Strauss merupakan seorang antropolog yang berasal dari Perancis, ia mengembangkan perspektif teoritis dalam pertukaran sosial di analisisnnya praktik pernikahan dan kekerabatan sistem masyarakat primitif. Dianalisisnya pola umum adalah orang yang menikahi putri saudara ibunya. Pola saudara jarang menikahi putri seorang ayah. Pola terakhir ini dianalisa lebih lanjut oleh Bronislaw Malinowski lebih lanjut dengan pertukaran nonmaterial.

Dalam menjelaskan Levi-Strauss membedakan dua sistem, yaitu pertukaran pertukaran dibatasi dan pertukaran umum. Dalam pertukaran dibatasi, anggota kelompok dyad yang terlibat dalam transaksi pertukaran langsung, masing-masing anggota pasangan saling memberikan dengan dasar pribadi. Sementara dalam pertukaran umum, anggota triad atau lebih, menerima sesuatu dari pasangan lain dari orang yang dia berikan sesuatu yang berguna.

Dalam pertukaran ini berdampak pada integrasi dan solidaritas kelompok yang lebih besar dengan cara yang lebih efektif. Tujuan utama dari proses pertukaran ini tidak memungkinkan pasangan yang terlibat dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan individualistik. Tapi untuk mengungkapkan komitmen moral individu untuk kelompok. Analisis perilaku perkawinan dan keluarga adalah kritik dari penjelasan dari Sir James Frazer antropolog pola pertukaran ekonomi Inggris yang terjadi antara pasangan menikah di masyarakat primitif.

Demikain Penjelasan Tentang 5 Pengertian Teori Pertukaran Sosial Menurut Para Ahli Semoga Dapat Bermanfaat Untuk Pembaca GuruPendidikan.Com 😀