Pembangkit listrik tenaga surya
Pembangkit listrik tenaga surya

199 Pemusatan Dan Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Posted on

Pemusatan dan pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya–  Pada Umumnya Pemanfaat engeri surya memlalui pembangkit listerikk tenaga surya, dipakai di daerah desa-desa dengan skala kecil, yaitu Solar Home System (SHS). SHS merupakan pembangki listrik dengan skala kecil yang dipakai secara desentralisasi atau satu rumah satu pembangkit listeik.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pembangkit listrik tenaga surya yang mengubah energi matahari (surya) menjadi energi listrik. Pembangkit listrik dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu penggunaan langsung dan tidak langsung dari energi surya fotovoltaik dengan konsentrasi.

Fotovoltaik mengubah energi cahaya langsung menjadi listrik menggunakan efek fotolistrik. Terkonsentrasi sistem energi surya menggunakan lensa atau cermin dalam kombinasi dengan sistem pelacakan untuk memfokuskan energi matahari menjadi satu titik untuk mendorong mesin panas.

Pemusatan energi surya

Konsentrasi sistem energi surya (tenaga surya terkonsentrasi) memakai cermin atau lensa dan sistem pelacakan untuk memfokuskan energi matahari pada luasan area ke satu titik. Panas terkonsentrasi kemudian digunakan sebagai sumber panas untuk pembangkit listrik yang memanfaatkan panas biasa untuk menggerakkan generator.

Sistem parabola cermin, reflektor lensa Fresnel dan menara surya adalah teknologi yang paling banyak digunakan. Fluida kerja dipanaskan dapat digunakan untuk menggerakkan generator (turbin uap konvensional ke mesin Stirling) atau media penyimpanan panas.

Energi listrik adalah energi primer yang dibutuhkan untuk listrik peralatan / energi yang tersimpan dalam arus listrik untuk ampere Unit (A) dan power supply tegangan dengan satuan volt (V) untuk memasok konsumsi daya listrik oleh unit Watt (W) untuk mendorong motor, pencahayaan, pemanasan, pendinginan, atau untuk mengembalikan peralatan mekanik untuk menghasilkan bentuk energi lainnya.

Energi yang dihasilkan dapat berasal dari berbagai sumber energi, seperti matahari,  angin, air, minyak, batu bara, nuklir, panas bumi, dan lain-lain. Jumlah ini energi Joule beberapa ribu hingga jutaan Joule.

loading...

Tanaman surya Terleak Ivanpah di Gurun Mojave akan jenis pembangkit listrik tenaga surya dengan konsentrasi terbesar energi surya mencapai 377 megawatt. Meskipun konstruksi didukung oleh hibah dari Amerika Serikat selama visi Barack Obama dari sekitar 10.000 MW program energi terbarukan, tetapi perkembangan kontroversi ini karena mengancam keberadaan satwa liar di gurun sekitarnya.

Pembangkit listrik tenaga surya
Pembangkit listrik tenaga surya

 

Photovoltaic

Sel surya atau sel fotovoltaik adalah perangkat yang mengubah energi cahaya menjadi energi listrik dengan menggunakan efek fotolistrik. Yang pertama dibuat pada tahun 1880 oleh Charles Fritts.

Tenaga surya adalah sejenis pembangkit listrik fotovoltaik yang menggunakan perbedaan tegangan karena efek fotolistrik untuk menghasilkan tenaga listrik. Panel surya memiliki tiga lapisan, lapisan P panel di atas, di tengah-tengah lapisan penghalang, dan lapisan N di panel bawah. Efek fotolistrik adalah di mana sinar matahari menyebabkan elektron di panel lapisan terpisah P, jadi ini menyebabkan proton mengalir ke lapisan N pada panel bawah dan transfer proton adalah arus listrik.

Pembangkit listrik tenaga surya di Indonesia

Di Indonesia, tenaga surya terbesar pertama dengan kapasitas 2 × 1 MW, yang terletak di pulau Bali, tepatnya di dearah Bangli serta Karangasem. Pemerintah Indonesia mengundang untuk siapa khususnya saja yang ingin membuat di daerah lain karena PLTS opensource atau tidak terdaftar di bawah hak cipta.  Selain pulau Bali, Indonesia juga telah mengembangkan di Luwu Timur, Makassar NTB dan di pulau-pulau Sumbawa. PLTS diberikan kepada daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh PT. PLN.

Wilayah Indonesia yang sudah menggunakan PLTS

  • Yogyakarta
  • Nusa Tenggara Barat
  • Sulawesi Selatan
  • Alor, Nusa Tenggara Timur
  • Bali

Demikian Penjelasan Tentang Pemusatan Dan Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Semoga Dapat Bermanfaat Untuk Pembaca GuruPendidikan.Com