13 Pengertian dan Syarat Ilmu Pengetahuan Terlengkap Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian dan syarat ilmu pengetahuan menurut para ahli – Banyak ilmuan yang memiliki opini atau pendapat dan pandangan tentang ilmu atau ilmu pengetahuan, walaupun pada dasarnya semua itu sama. Nah kali ini kita akan membahas secara jelas tentang ilmu pengetahuan (Ilmu) yang mungkin kita semua belum tahu apa itu ilmu pengetahaun dan syarat-syarat ilmu. berikut ini adalah pengertian dan syarat-syarat ilmu.

Pengertian Ilmu Pengetahuan
Pengertian Ilmu Pengetahuan

Pengertian Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan, sains, ilmu adalah semua usaha yang dialkukan secara sadar untuk menemukan, menyelidiki dan meningkatkan tentang pemahaman terhadap manusia dalam segala sudut kenyataan terhadap alam manusia.

Sudut pandangan ini diberikan batas agar supaya rumusan-rumusan menjadi pasti. Pengertian ilmu memberikan kepastian tentang pengetahuan dengan membatasi ruang lingkup pandangannya, dan juga sebuah kepastian ilmu di dapatkan dari keterbatasanya.

Ilmu bukan hanya sebuah pengetahuan (knowledge), namun mencangkup sekumpulan pengetahuan yang di dasari oleh teori-teori yang sudah disepakati dan bisa secara sistematik diuji dengan berbagai cara yang diikuti dalam bentuk ilmu tertentu. Dilihat dari segi filsafat, ilmu ada karena manusia memiliki usaha berfikir sangat jauh tentang pengetahuan yang dipunyainya. Ilmu pengetahuan adalah hasil dari epistemologi.

Ilmu psikologi hanya dapat meramalkan tingkah laku atau prilaku manusia jika ruang lingkup pandangannya memiliki batasan dari sudut pandang secara umum dari perilaku manusia yang pasti.  Namun ilmu alam akan menjadi pasti jika sudah pandangannya dibatasi ke dalam hal yang bahani (material saja).

Berkaitan dengan contoh ini, ilmu psikologi menjawab apakah seorang remaja wanita cocok menjadi perawat, ilmu-ilmu alam menjawab sebuah pertanyaan, berapakah jarak matahari dari bumi.

Syarat-Syarat Ilmu

Ini sangat berbeda dengan pengetahuan, ilmu adalah pengetahuan yang secara khusus mempelajari tentang hal penyebab terjadinya sesuatu dan mengapa?. Ada bebrapa syarat ilmiah yang dapat disebut sebagai ilmu. Sifat yang ilmiah untuk syarat ilmu banyak pengaruhnya dari ilmu-ilmu alam yang sudah ada terlebih dahulu.

  • Objektif. Objek kajian harus ada dalam ilmu yang ada dari satu golongan masalah yang sama sifat hakikatnya, terlihat dari luar maupun bentuknya dari dalamnya. Objeknya juga bersifat ada, atau mungkin juga ada karena masih harus diuji keberadaannya. Dalam hal mengkaji sebuah objek, yang dicari adalah kebenaran, yakni penyesuaian antara tahu dengan objek, sehingga dapat disebut kebenaran objektif; bukan subjektif berdasarkan subjek peneliti atau subjek penunjang penelitian.
  • Metodis.  Metodis berasal dari bahasa Yunani “Metodos” yang artinya: cara, jalan. Metodis artinya metode tertentu yang dipakai dan biasanya merujuk kepada sebuah metode ilmiah. Usaha yang telah dilakukan agar dapat meminimalisasi segala kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dalam hal yang menyimpang dari hal mencari sebuah kebenaran. Resiko yang harus di tanggung yakni untuk menjamin kepastian kebenaran.
  • Sistematis. Didalam pengalamannya mencoba menjelaskan dan mengetahui suatu objek, ilmu harus terumus dan teruraikan di dalam hubungan yang masuk diakal (logis) dan teratur agar terbentuk suatu sistem yang memiliki keutuhan, menyeluruh, terpadu dalam segi arti, dan dapat memaparkan sebuah rangkaian sebab akibat menyangkut tentang objektifnya. Pengetahuan yang dapat tersusun dengan sistematis merupakan rangkaian sebab akibat dari syarat ilmu yang ketiga.
  • Universal. Sebuah kebenaran yang akan dicapai yakni sebuah kebenaran yang universal yang tidak bersifat tertentu (umum).
    Contoh:
    Ilmu sosial menyadari kadar ke-umum-an memiliki kandungan berbeda dengan ilmu alam kerena objeknya adalah dari tindakan manusia. Oleh sebab itu agar mencapai tingkat yang unversal didalam ilmu sosial, harus adanya konteks dan tertentu pula. Misal: Semua segitiga bersudut 180º. Karenanya universal merupakan syarat ilmu yang keempat.

Dibawah ini adalah pengertian ilmu pengetahuan menurut para ahli :

  • MINTO RAHAYU

Pengetahuan (Knowledge) yang sudah disusun dengan sistematis dan berlaku secara umum.

  • THOMAS KUHN

Suatu Himpunan kegiatan/aktivitas yang banyak mendapatkan atau menghasilkan penemuan, baik dalam bentuk pengembangan ataupun penolakannya.

  • VAN PUERSEN

Pengetahuan yang telah terorganisasi, dengan metode dan sistem berusaha mencari hubungan-hubungan tetap di antara gejala-gejala.

  • Dr. MAURICE BUCAILLE

Kunci agar dapat mengungkapkan berbagai hal, baik dalam jangka waktu sebentar maupun jangka waktu yang lama.

  • NS. ASMADI

Ilmu adalah proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan sekumpulan pengetahuan yang padat dan terkendali (metode ilmiah).

  • CHARLES SINGER

Science is the process which makes knowledge. Ilmu merupakan (suatu proses yang membuat pengetahuan)

  • M. IZUDDIN TAUFIQ

Ilmu merupakan penelusuran informasi atau data lewat pengamatan, eksperimen dan pengkajian, dengan tujuan landasan dasar, menetapkan hakikat, ataupun asal usulnya.

  • POESPOPRODJO

Ilmu merupakan proses memperbaiki diri secara terus menerus (bersinambungan) yakni meliputi perkembangan uji empiris dan teori.

  • POPPER

Ilmu merupakan tetap dalam keseluruhan dan hanya mungkin direorganisasi.

  • DR. H. M. GADE

Ilmu merupakan falsafah. yaitu hasil pemikiran tentang kemungkinan batas-batas pengetahuan manusia.

  • FRANCIS BACON

Ilmu merupakan hanya fakta-fakta yang dapat menjadi objek pengetahuan dan satu-satunya pengetahuan yang valid.

  • GOLDSTEIN

Ilmu adalah cara melihat (memandang) dunia, mengubah dan memahaminya. Dalam segi kreativitas ilmu pengetahuan, keilmuan di jelaskan sebagai sistem berpikir yang melibatkan serangkaian aktivitas imajinatif ilmuwan dan kreatif dalam usaha mencari kebenaran.

  • MULYADI KARTANEGARA

Ilmu pengetahuan secara bahasa adalah science berarti ” fakta atau keadaan” sering diambil  dan mengetahui dalam makna pengetahuan (knowledge) yang kontras kepada kepercayaan dan intuisi.

Demikian Penjelasan Tentang 13 Pengertian dan Syarat Ilmu Pengetahuan Terlengkap Menurut Para Ahli Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀