11 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

11 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Terlengkap – Akuntansi ?? akuntansi adalah suatu kumpulan prosedur untuk mencatat, mengikhtisarkan, mengklasifikasikan, dan melaporkan dalam bentuk laporan keuangan. Agar lebih menyakinkan tentang definisi akuntansi disini akan mengulas tentang pengertian akuntansi menurut para ahli secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

akuntansi

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

1. Kohler’s Dictionary
Menurut Kohler’s mengungkapkan bahwa Akuntansi adalah suatu seni dalam pencatatan dari proses transaksi keuangan.

2. West Churman
Menurut West Churman menyatakan bahwa akuntansi adalah suatu pengalaman tertulis yang berguna untuk mengambil sebuah keputusan yang terjadi dalam suatu perusahaan.

3. Accounting Principles Board
Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa yang mempunyai fungsi untuk menyediakan suatu informasi kuantitatif terutama yang sifatnya keuangan yang kemudian bisa digunakan untuk pengambilan suatu keputusan ekonomi.

loading...

4. American Accounting Association
Akuntansi adalah suatu proses pengidentifikasian, pencatatan, pengukuran, dan sebuah laporan transaksi keuangan dari suatu organisasi yang dijadikan untuk informasi dalam pengambilan suatu keputusan ekonomi oleh pihak yang membutuhkan.

5. Sophar Lumbantoruan
Menurut Sophar Lumbantoruan menyatakan bahwa Akuntansi yaitu suatu alat yang digunakan untuk bahasa bisnis yang dimana informasi yang disampaikan hanya bisa dipahami jika mekanisme akuntansi sudah dimengerti.

6. Dr. M. Gede
Menurut Dr. M. Gede menyatakan bahwa Akuntansi ialah suatu ilmu pengetahuan terapan dan seni dalam pencatatan yang dilakukan secara terus menerus menurut aturan dan sistemnya, pengolahannya dan analisis catatan tersebut yang sehingga tersusun suatu laporan keuangan yang sebagai suatu pertanggungjawaban dari suatu pimpinan perusahaan ataupun lembaga terhadap kinerjanya.

Baca juga refrensi artikel terkaitnya :

7. Keputusan Menteri Keuangan
Akuntansi adalah suatu proses pengumpulan, penganalisaan, pengklarifikasian, pencatatan, peringkasan, dan pelaporan terhadap suatu transaksi keuangan dari kesatuan ekonomi untuk menyediakan sebuah informasi keuangan bagi yang memerlukan informasi tersebut yang gunanya dalam pengambilan sebuah keputusan.

8. Warren dkk
Menurut Warren dkk menjelaskan bahwa akuntansi secara umum ialah suatu sistem informasi yang menghasilkan sebuah laporan keuangan kepada pihak-pihak yang terkait atau yang berkepentingan mengenai suatu kegiatan ekonomi dan kondisi perusahaan.

9. Arnold
Menurut Arnold menyatakan bahwa akuntansi yang dipandang sebagai suatu sistem untuk menyediakan sebuah informasi khususnya keuangan kepada siapa saja yang membuat suatu keputusan dan yang mengendalikannya.

10. Rudianto
Menurut Rudianto menyatakan bahwa Akuntansi ialah suatu sistem informasi yang menghasilkan sebuah laporan keuangan kepada suatu pihak-pihak terkait yang berkepentingan dengan suatu kegiatan ekonomi dan keadaan suatu badan usaha tertentu.

11. ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3)
Mendefinisikan Akuntansi adalah suatu aktivitas jasa yang untuk menyediakan suatu informasi kuantitatif, terutama yang memiliki sifat dalam suatu pengambilan keputusan ekonomis dalam memberikan keputusan pilihan-pilihan yang logis diantara berbagai tindakan alternatif.

Didalam sebuah perusahaan ilmu akuntansi sangat diperlukan untuk mengatasi dalam keuangan perusahaan.

Itulah ulasan tentang 11 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


No ratings yet.

Please rate this