Komunikasi – Pengertian, Sejarah, Unsur, Tujuan, Bentuk, Proses, Hambatan, Para Ahli

Diposting pada

Komunikasi – Pengertian, Sejarah, Unsur, Tujuan, Bentuk, Proses, Hambatan, Para Ahli : Pengertian Komunikasi ialah suatu proses yang dalam mana seseorang atau dari beberapa orang kelompok, masyarakat dan organisasi yang menciptakan dan menggunakan sebuah informasi agar dapat terhubung dengan lingkungan orang lain. Secara umum komunikasi dilakukan dengan lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak masing-masing.


komunikasi 3

Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah sesuatu hal dasar yang selalu dibutuhkan dan dilakukan oleh setiap insan manusia, karena berkomunikasi merupakan dasar interaksi antar manusia untuk memperoleh kesepakatan dan kesepahaman yang dibangun untuk mencapai suatu tujuan yang maksimal diantara kedua nya.


Untuk mencapai usaha dalam berkomunikasi secara efektif, maka sebaiknya kita harus mengetahui sejumlah pemahaman dan persoalan yang terjadi dalam proses berkomunikasi itu sendiri.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Puisi – Ciri, Unsur, Jenis, Puisi Baru dan Lama, Contohnya


Jika tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti dari keduanya untuk berkomunikasi masih bisa dilakukan dengan cara menggunakan gerak gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, seperti tersenyum menggelengkan kepala atau dengan mengangkat bahu cara yang demikian disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.


Pengertian Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis adalah setiap komunikasi yang digunakan untuk membangun partnerships, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan satu gagasan; suatu produk; servis; atau suatu organisasi, dengan sasaran untuk menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan.


Komunikasi Bisnis meliputi pengetahuan yang menyeluruh dari sisi internal dan eksternal bisnis tersebut. Komunikasi yang internal termasuk komunikasi visi (perseroan/perusahaan), strategi, rencana-rencana, kultur/budaya perusahaan, nilai-nilai dan prinsip dasar yang terdapat di perusahaan, motivasi karyawan, serta gagasan-gagasan, dll.


Komunikasi eksternal termasuk merek, pemasaran, iklan, hubungan pelanggan, humas, hubungan-hubungan media, negosiasi-negosiasi bisnis, dll. Bagaimanapun bentuknya, semua hal tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan suatu nilai bisnis (create business value).


Sejarah Komunikasi

Sejarah komunikasi atau communicaton yang berasal dari bahasa latin communis yang berarti sama, communico, communication atau communicare yang berarti membuat sama ( make to coomon ). Sederhananya komunikasi bisa terjadi jika ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Oleh karena itu komunikasi sendiri tergantung pada kemampuan kita untuk dapat bagaimana memahaminya satu dengan yang lainnya.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pantun – Pengertian, Ciri, Macam, Cinta, Jenaka, Pendidikan, Agama, Nasehat, Contohnya


Pada awal mulanya komunikasi tersebut digunakan dalam mengungkapkan kebutuhan/keperluan organisasi sinyal kimiawi pada organisasi awal yang digunakan untuk reproduksi. Dengan seiringnya evolusi kehidupan manusia maka sinyal kimiawi primitive yang telah digunakan didalam berkomunikasi juga ikut berevolusi dan membuka peluang terjadinya perilaku yang lebih rumit.


Meskipun komunikasi sudah dipelajari sejak lama dan termasuk barang yang antik, tapi pada kenyataan topic ini tetap menjadi hal yang penting khususnya sekitar pada abda 20 karena yang semakin pertumbuhan komunikasi digambarkan sebagai ( penemuan yang revolusioner ). Hal ini disebabkan peningkatkan teknologi komunikasi yang begitu sangat pesat seperti radio, telvisi, satelit dan jaringan komputer.


Unsur -Unsur Komunikasi

Komunikasi meliputi 5 unsur, kemudian dikenal dengan formula 5 W + 1 H, yakni :

  • Komunikator = who [communicator, source, sender]
  • Pesan = says what [message]
  • Media = in which channel [channel, media]
  • Komunikan = to whom [communicant, communicatee, reciever, recipient]
  • Efek [effect, impact, influence]

Hal yang pertama dilakukan adalah memahami bentuk dasar komunikasi. Karena seorang komunikator yang baik harus memiliki beberapa alat komunikasi yang menunjang dalam menyampaikan suatu pesan.


Seperti bagaimana cara menempatkan kata dalam suatu komunikasi sehingga memiliki arti dan bisa menarik minat dan simpati dari para pendengarnya dan mengajak peserta untuk ikut aktif dalam berkomunikasi seperti dalam kegiatan diskusi.


Teknik Komunikasi

  1. Komunikasi informatif [informative communication]
  2. Komunikasi persuasif [persuasive communication]
  3. Komunikasi instruktif/ koersif [instructive/ coersive communication]
  4. Hubungan manusiawi [human relation]

Tujuan Komunikasi

  1. Mempelajari atau mengajarkan sesuatu
  2. Mempengaruhi perilaku seseorang
  3. Mengungkapkan perasaan
  4. Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku orang lain
  5. Berhubungan dengan orang lain
  6. Menyelesaian sebuah masalah
  7. Mencapai sebuah tujuan
  8. Menurunkan ketegangan dan menyelesaian konflik
  9. Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orng lain

Komponen Komunikasi

Komponen komunikasi ialah hal yang harus ada ( berwujud ) agar berkomunikasi dapat berlangsung dengan sangat baik, inilah beberapa komponen didalam komunikasi yaitu :


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Teks Ulasan, Contoh, Ciri, Tujuan, Struktur Dan Kaidahnya


  • Pesan ( message ) ialah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh pihak kepada pihak yang lain.
  • Pengirim/komunikator ( sender ) ialah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak yang lain.
  • Penerima/komunikate ( receiver ) ialah pihak yang menerima pesan dari pihak yang lain.
  • Saluran ( Channel ) ialah sebuah media yang dimana pesan dapat disampaikan kepada komunikan dalam komunikasi antar-pribadi ( tatap muka ) saluran dapat berupa udara yang mengalir getaran nada atau suara.
  • Umpan balik ( feedback ) ialah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
  • Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan.

Pengertian Komunikai Menurut Para Ahli

Pengertian komunikasi menurut para pakar komunikasi yang mengacu pada aktivitas hubungan manusia yang biasanya terjadi dengan secara langsung maupun secara tidak langsung didalam kehidupan sehari-hari. Nah dibawah ini akan dijelaskan tentang apa itu komunikasi menurut berbagai ahli dunia yang telah memberikan sumbangan pemikirannya seperti apa pengertian komunikasi menurut mereka !


Berikut ini beberapa pengertian komunikasi menurut para ahli :

  1. Menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid

    ( Komunikasi ) ialah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam.

  2. Menurut Harorl D. Lasswell

    ( Komunikasi ) ialah pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa ? dengan akibat apa atau hasil apa.


  3. Menurut Shannon & Weaver

    ( Komunikasi ) ialah bentuk komunikasi/interaksi  manusia saling pengaruh mempengaruhi satu dengan yang lainnya, dengan sengaja ataupun tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk/wujud dalam komunikasi yang menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal eksprensi wajah/muka, lukisan, seni, dan teknologi.

  4. Menurut Raymond S. Ross

    ( Komunikasi ) ialah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan/mentranfer symbol-simbol yang sedemikian rupa sehingga bisa membantu dalam pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator.


  5. Menurut Everett M. Rogers

    ( Komunikasi ) ialah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.

  6. Menurut Bernard Berelson & Gary A. Steiner

    ( Komunikasi ) ialah Transmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan dan sebagainya dengan menggunakan symbol-simbol atau kata-kata, gambar, figure, grafik dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang disebut dengan komunikasi.


  7. Menurut John R. Wenburg dan William W Wilmot

    ( Komunikasi ) ialah suatu usaha untuk memperoleh makna.

  8. Menurut Prof. Dr. Alo Liliweri

    ( Komunikasi ) ialah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami.

  9. Menurut Carl I. Hovland

    ( Komunikasi ) ialah proses yang memungkinkan seseorang ( komunikator ) menyatakan rangsangan untuk mengubah perilaku orang lain.


  10. Menurut William I. Gordon

    ( Komunikasi ) ialah secara ringkas dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan.

  11. Menurut Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss

    ( Komunikasi ) ialah proses makna diantara dua orang atau lebih.

  12. Menurut M. Djenamar, SH

    ( Komunukasi ) ialah seni untuk menyampaikan informasi, ide-ide, seseorang kepada orang lain.


  13. Menurut William Albig

    ( Komunikasi ) ialah proses pengoperan lambing yang berarti diantara indivindu-induvindu.

  14. Menurut Judy C pearson & Paul E melson

    ( Komunikasi ) ialah proses memahami dan berbagai makna.

  15. Menurut Anwar arifin

    ( Komunikasi ) ialah merupakan sebuah konsep yang multi makna. Makna komunikasi ini bisa dibedakan berdasarkan komunikasi sebagai proses sosial komunikasi pada makna ini ada dalam konteks ilmu sosial. yang dimana para pakar ilmu sosial melakukan riset dengan teknik menggunakan pendekatan komunikasi yang secara umum menfokuskan pada kegiatan manusia dan kaitan pesan dengan perilaku.


  16. Menurut Murphy & Mendelson

    ( Komunikasi ) ialah merupakan suatu komunikasi untuk membangun dan mempertahankan hubungan interpersonal.

  17. Menurut Aristoteles

    ( Komunikasi ) ialah alat dimana warga masyarakat dapat berpartisipasi dalam demokrasi.

  18. Menurut Anderson

    ( Komunikasi ) ialah merupakan proses yang dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku.


  19. Menurut Hoben

    ( Komunikasi ) ialah pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal.

  20. Menurut Barnlund

    ( Komunikasi ) ialah timbul dorong oleh kebutuhan untuk dapat mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego.


  21. Menurut Lexigrapher

    ( Komunikasi ) ialah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukaran adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya.

  22. Menurut Redi Panuju

    ( Komunikasi ) ialah aliran yang menghubungkan dan kinerja antar bagian dalam organisai sehingga menghasilkan suatu sinergi.


  23. Menurut William J. Seller

    ( Komunikasi ) ialah proses dengan mana symbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.

  24. Menurut Colin Cherry

    ( Komunikasi ) ialah penggunaan lambing-lambang ( symbols ) untuk mencapai kesamaan makna atau berbagi informasi tentang satu objek atau kejadian. Informasi disampaikan diterima secara akurat, receiver akan memiliki informasi yang sama seperti yang dimiliki sender, oleh karena itu tindak komunikasi telah terjadi.


Bentuk Komunikasi

Pada dasarnya ada dua bentuk komunikasi yang umum digunakan dalam dunia bisnis, yaitu, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Pantun


  • Komunikasi verbal

Komunikasi verbal (verbal communication) merupakan salah satu bentuk komunikasi yang disampaikan kepada pihak lain melalui tulisan (written) dan lisan (oral). Contohnya adalah membaca majalah, mambaca surat kabar, mempresentasikan makalah dalam suatu acara seminar dan lain-lain.


Sedangkan komunikasi verbal memilki tipe yang dibedakan menjadi dua yaitu, berdasarkan aktif atau pasifnya peserta komunikasi dalam proses komunikasi. Dimana komunikasi verbal dapat bertindak sebagai komunikator atau pengirim pesan dan dapat bertindak sebagai audience.


Adapun dalam berkomunikasi secara verbal, dibutuhkan pengungkapan kata-kata yang disusun dalam suatu pola yang berarti, baik dalam bentuk tulisan maupun lisan, seperti :


    • Berbicara dan Menulis

Suatu pesan yang sangat penting dan kompleks, sebaiknya disampaikan dengan menggunakan tulisan, seperti surat, memo dan laporan


    • Mendengarkan dan Membaca

Untuk mencapai komunikasi yang efektif, maka diperlukan komunikasi dua arah, dimana orang-orang yang terlibat di dalamnya memerlukan ketrampilan mendengar (listening) dan membaca (reading).


  • Komunikasi Nonverbal

Komunikasi nonverbal merupakan bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis. Walaupun pada umumnya komunikasi nonverbal memiliki sifat kurang terstruktur sehingga sulit untuk dipelajari, seperti memahami dalam penggunaan bahasa isyarat, ekspresi wajah, gerakan tubuh, sandi, simbol-simbol, warna dan intonasi suara.


Dalam penyampaiannya, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal memilki arti yang berbeda-beda, seperti dalam komunikasi nonverbal. pesan yang disampaikan biasanya dilakukan secara spontan tanpa memiliki rencana dan dilakukan secara tidak sadar dan bersifat alami.


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Contoh Pamflet


Adapun Komunikasi Nonverbal memilki beberapa tujuan , yaitu:

  • Menyediakan dan memberikan informasi
  • Mangatur alur suatu percakapan
  • Mengekspresikan emosi
  • Memberi sifat dan melengkapi, menentang atau mengembangkan pesan-pesan verbal
  • Mengendalikan atau mempengaruhi orang lain
  • Mempermudah tugas-tugas khusus, misalnya dalam memberikan pengajaran pada saat kuliah

Kadang dalam prakteknya, di dalam suatu komunikasi bisnis terjadi penggabungan antar komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal dalam suatu situasi. Karena biasanya kata-kata yang disampaikan dalam suatu komunikasi atau percakapan kadang hanya membawa sebagian dari pesan.


Dan relevansinya dalam komunikasi bisnis, tipe komunikasi nonverbal dapat menentukan kredibilitas dan kepemimpinan seseorang, yang dapat dilihat dari karateristik suara, penampilan, sentuhan, gerakan dan posisi tubuh juga melalui ekspresi wajah dan mata.


Proses Komunikasi

Menurut Courtland L Bovee dan Jhon V. Thilt dalam Business Communication Today, proses komunikasi ( Comunication Process ) terdiri atas enam tahap, yaitu :

  1. Pengirim mempunyai suatu ide atau gagasan.
  2. Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan.
  3. Pengirim menyampaikan pesan.
  4. Penerima menerima pesan
  5. Penerima menafsirkan pesan
  6. Penerima memberi tanggapan dan mengirim umpan balik kepada pengirim

Hambatan Dalam Komunikasi

Faktor hambatan yang biasanya terjadi dalam proses komunikasi, dapat dibagi dalam 3 jenis sebagai berikut:


Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : 101 Pengertian Dan Definisi Hak Cipta Menurut Para Ahli


  • Hambatan Teknis

Hambatan jenis ini timbul karena lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Dari sisi teknologi, keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi, akan semakin berkurang dengan adanya temuan baru di bidang teknologi komunikasi dan sistim informasi, sehingga saluran komunikasi dalam media komunikasi dapat diandalkan serta lebih efisien.


  • Hambatan Semantik

Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara efektif. Definisi semantik adalah studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak jelas bagaimanapun baiknya transmisi.


Untuk menghindari mis-komunikasi semacam ini, seorang komunikator harus memilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan karakteristik komunikannya, serta melihat dan mempertimbangkan kemungkinan penafsiran yang berbeda terhadap kata-kata yangdigunakannya.


  • Hambatan Manusiawi

Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan.


Ditinjau dari aspek bisnis, organisasi adalah sarana manajemen (dilihat dari aspek kegiatannya). Korelasi antara Ilmu Komunikasi dengan Organisasi terletak pada peninjauannya yang berfokus kepada manusia-manusia yang terlibat dalam mencapai tujuan organisasi.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Bank Perkreditan Rakyat – Sejarah, Pengertian, Usaha, Tujuan, Sasaran, Jenis, Fungsi, Manajemen, Contoh


Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari