10 Poin Pengertian Dan Pengelompokan Sumber Daya Alam Terlengkap

Posted on

Pengertian dan pengelompokan sumber daya alam-Pengertian dari sumber daya alam adalah semua yang ada di alam dari semua kekayaannya dari benda hidup ( biotik) sampai dengan benda mati (abiotik) yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan dan kepentingan manusia, terhdapat unsur-unsur yang ada di lingkungan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat (manusia) untuk semua kebutuhan hidupnya.

sumber daya alam
sumber daya alam

Pengertian Sumber Daya Alam

Secara umum, sumber daya alam berdasarkan sifatnya dapat diklasifikasikan sebagai sumber daya alam yang diperbaharui dan sumber daya alam tidak dapat terbaharui. Sumber daya alam adalah sumber daya alam terbatukan yang dapat terus eksis selama penggunaannya tidak berlebihan atau dieksploitasi. Tanaman, hewan, mikroorganisme, sinar matahari, angin, dan air adalah beberapa contoh sumber daya alam terbarukan.

Meskipun jumlahnya sangat melimpah di alam, pemakai atau pengguna harus tetap dibatasi dan dipelihara untuk proses yang berkelanjutan dan secara berkesinambungan. Sumber daya alam tidak terbarukan terbatas karena penggunaannya jauh lebih cepat dari pada proses pembentukannya, jika digunakan terus menerus lambat laut akan habis.

Minyak, emas, besi, dll, umumnya membutuhkan proses yang sangat panjang untuk terbentuk kembali sehingga jumlah yang sangat terbatas. Perubahan dari beberapa juta tahun yang lalu kemudian mengubah materi dan senyawa organik menjadi berbagai jenis bahan tambang tersebut.

Pengelompokan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam dapat dikelompokkan berdasarkan hal-hal sebagai berikut.

  1. Kemungkinan pemulihannya: sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.
  2. Materinya: sumber daya alam organik dan sumber daya alam anorganik.
  3. Habitatnya: sumber daya terestris dan sumber daya alam akuatik.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Kemungkinan Pemulihan

 

  • Sumber daya alam dapat diperbarui

Sumber daya yang selalu tersedia kembali sehingga tidak dapat habis. Namun, jika tidak dapat terkendali pemanfaatannya, sumber daya alam dapat habis dan mengkin akan cepat punah (tidak ada lagi). Contohnya sumber daya alam yang dapat kita perbaharui ialah berbagai jenis flora dan fauna.

Banyak flora dan fauna yang sudah mendekati kepunahan sampai ada yang sudah punah karena ulah dari manusia itu sendiri yang merusak alam dan tidaka dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan baik.

Banyak flora dan fauna yang di rusak tempat hidupnya dan diburu untuk berbagai kepentingan manusia. Selain itu juga,  air dan udara juga masuk dalah sumber daya alam, dan itupun bisa terancam rusak karena ulah sekelompok manusia.

Bagaimana air dan udara (SDA) memperbarui dirinya? Jika flora dan fauna memperbarui diri dengan cara reproduksi, air dan udara dengan daur atau siklus. Udara dan air tidak pernah punah, namun air dan kualitas udara bisa menurun akibat aktivitas manusia yang mencemari.

  • Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui

Sumber daya alam tidak dapat diperbarui adalah proses pembentukan sumber daya alam berlangsung sangat lambat, dapat mengambil jutaan atau ratusan tahun. Oleh karena itu, jumlahnya relatif konstan atau menurun karena terus dieksploitasi dan suatu saat akan habis. Contoh: minyak bumi, batu bara dan gas alam dll.

Bagaimana cara mendapatkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui untuk tetap berkelanjutan atau lestari? Manusia harus bisa menggunakannya dengan bijak dan tidak berlebihan. Selain itu juga, kebutuhan untuk mengembangkan bahan alternatif yang ada sama tetapi selalu tersedia, seperti daur ulang, sehingga mengurangi tingkat eksploitasi.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Materinya

 

  • Sumber daya alam organik

Materi atau bahan organik dari sumber daya alam (keanekaragaman hayati) dalam bentuk mahluk hidup yaitu tumbuhan dan hewan. Kegiatan yang berkaitan dengan sumber daya alam, antara lain, pertanian organik, kehutanan, peternakan dan perikanan. Misalnya, sumber daya alam organik di bidang peternakan ayam, kambing ,sapi dll.

  • Sumber daya alam anorganik

Sumber daya alam bahan anorganik (non-biologis), dalam bentuk benda mati dalam bentuk padat, cair, atau gas. aktivitas yang berkaitan dengan pertambangan sumber daya alam tanah anorganik, batuan, mineral, minyak dan gas alam, dan energi.

Menurut jenisnya, sumber daya alam dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Sumber daya alam hayati/biotik.

Selain benda yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup.makhluk hidup pun juga dapat dimanfaatkan untuk dapat memenuhi kebutuhannya. Tanaman, misalnya, manusia perlu untuk mendukung kehidupan. Ini disebut sumber daya alam / biotik. Contoh lain adalah mikroorganisme dan hewan.

  • Sumber daya alam nonhayati/abiotik.

Berbeda dengan sumber daya alam, sumber daya non-hayati yang diperoleh dari benda mati seperti mineral, batu, tanah, air, dan banyak lagi.

Menurut kegunaan atau penggunaannya, sumber daya alam dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

  • Sumber daya alam penghasil bahan baku.

Tentunya Anda sudah tahu apa yang disebut bahan baku? Ya, benar, bahan baku juga dapat disebut objek yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan benda atau barang-barang lainnya yang menggunakan nilai yang lebih tinggi. Sebut saja produk olahan hutan untuk menghasilkan berbagai jenis barang. Sekarang, mari kita menyebutkan sumber daya alam yang dimiliki oleh tipe ini.

  • Sumber daya alam penghasil energi.

Sumber daya alam ini adalah produsen energi yang dibutuhkan oleh manusia. Salah satunya adalah matahari. Matahari memancarkan energi yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Demikian juga, aliran air sungai untuk menghasilkan energi, seperti listrik menghasilkan turbin. Cobalah untuk membuat daftar sumber daya alam yang dimiliki oleh kelompok ini.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Habitatnya

Berdasarkan jenis habitatnya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Sumber daya alam terestris

Sumber daya alam terestrial (tanah) adalah sumber daya yang terkait dengan lahan yang digunakan untuk lahan untuk berbagai kegiatan penduduk, sebagai bahan industri (ubin, keramik, dll), dan semua sumber daya yang didapat dari tanah.

  • Sumber daya alam akuatik

Sumber daya alam perairan (air) adalah sumber daya alam yang ada haubungannya dengan air seperti lautan, danau, sungai, air tanah, air hujan, dll.
Mudah-mudahan dengan membaca artikel sederhana ini, kita dapat lebih memahami gagasan dari sumber daya alam, serta tentang pengelompokan sumber daya alam.

Demikian Penjelasan Tentang 10 Poin Pengertian Dan Pengelompokan Sumber Daya Alam Terlengkap Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Pembaca GuruPendidikan.Com 😀